Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Game Online




Game Online





Kelompok :
1.      Riski Dwi Yuliani
2.      Sandita Devi N.R
3.      Ulfa Istiqomah
4.      Wisnu Wardana
5.      Yusuf Huda W


Online Games adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau internet), sebagai medianya. Biasanya permainan daring disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut.
Menurut Andrew Rollings dan Ernest Adams,  game online lebih tepat disebut sebagai sebuah teknologi, dibandingkan sebagai sebuah genre permainan; sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama, dibandingkan pola tertentu dalam sebuah permainan
 terdiri dari banyak jenis, dari mulai permainan sederhana berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafikkompleks dan membentuk dunia virtual yang ditempati oleh banyak pemain sekaligus.
Game online, ada dua unsur utama, yaitu server dan clientServer melakukan administrasi permainan dan menghubungkanclient, sedangkan client adalah pengguna permainan yang memakai kemampuan server.
Game online bisa disebut sebagai bagian dari aktivitas sosial karena pemain bisa saling berinteraksi secara virtual dan seringkali menciptakan komunitas maya.

Sejarah Game Online
Game online dimulai sejak tahun 1969, ketika permainan untuk dua orang dikembangkan dengan tujuan awal untuk pendidikan. Kemudian pada awal tahun 1970, sebuah sistem dengan kemampuan time-sharing, yang disebut Plato, diciptakan untuk memudahkan siswa belajar secara online, di mana beberapa pengguna dapat mengakses komputer secara bersamaan menurut waktu yang diperlukan. Dua tahun kemudian, muncul Plato IV dengan kemampuan grafik baru, yang digunakan untuk menciptakan permainan untuk banyak pemain (multiplayer games).
Game online benar-benar mengalami perkembangan setelah tahun 1995, pembatasan NSFNET (National Science Foundation Network) dihapuskan, membuat akses ke domain lengkap dari internet. Kesuksesan moneter menghampiri perusahaan-perusahaan yang meluncurkan permainan ini, sehingga persaingan mulai tumbuh dan menjadikan permainan daring semakin berkembang hingga hari ini
Game online di Indonesia
ga mulai muncul di Indonesia pada tahun 2001, dengan diluncurkannya Nexia Online, sebuah permainan RPG keluaran BolehGame dengan grafik sederhana berbasis 2D.[4] Nexia hanya membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup kecil, bahkan bisa dimainkan di Pentium 2 dengan minimal grafik 3D. Permainan keluaran Korea ini berhasil memperkenalkan bermain game dan chat pertama di Indonesia. Sayangnya, permainan ini ditutup pada tahun 2004 karena lisensi yang tidak diperpanjang. Semenjak itu, dunia permainan daring di Indonesia semakin berkembang dengan masuknya beberapa provider game baru, seperti Redmoon (2002), Laghaim pada awal 2003, Ragnarok Online (RO) pada pertengahan 2003, dan Gunbound pada tahun 2004.
Ragnarok Online (RO) merupakan salah satu game online yang menghebohkan di ranah dunia permainan daring Indonesia. Permainan yang keluar pada bulan Mei tahun 2003 ini, memang telah dinantikan kedatangannya dengan penuh antusiasme dari banyak gamer, dan telah lebih dulu mem-booming di ranah mancanegara. Permainan ini langsung diserbu oleh banyak orang dan berhasil membuat permainan daring mencapai titik puncak penggunaan hingga sempat membuat koneksi internet Indonesia kacau karena bandwidth yang tersedia pada saat itu belum memadai.[5]
Sementara permainan GunBound merupakan permainan daring bergenre action pertama di Indonesia dan merupakan permainan daring pertama yang menganut sistem Item Mall, di mana pemain dapat membeli item atau avatar untuk menghias karakter mereka dalam permainan tersebut. Pembelian item melalui voucher yang diterbitkan oleh BolehGame. Permainan ini juga merupakan permainan daring yang bersifat gratis pertama di Indonesia, di mana pemain tidak harus membayar atau membeli voucher untuk memainkannya (kecuali untuk membeli item tambahan).
Seiring dengan meningkatnya kuantitas pemain game online di Indonesia, tidak mengherankan jika komunitas maya akibat permainan daring pun cukup menjamur. Biasanya komunitas ini terbentuk karena sering berinteraksi dalam sebuah permainan, dan kemudian bermain bersama. Selain bertemu di ranah virtual, suatu komunitas biasanya melakukan gathering atau pertemuan anggota pada waktu-waktu tertentu.
Tipe game online
Berdasarkan Jenis Permainan
§  Massively Multiplayer Online First-person shooter games'''(MMOFPS)
Permainan ini mengambil pandangan orang pertama sehingga seolah-olah pemain berada dalam permainan tersebut dalam sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, di mana setiap tokoh memiliki kemampuan yang berbeda dalam tingkat akurasi, refleks, dan lainnya. Permainan ini dapat melibatkan banyak orang dan biasanya permainan ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer. Contoh permainan jenis ini antara lain Counter StrikeCall of DutyPoint BlankQuake, Blood, Unreal.
§  Massively Multiplayer Online Real-time strategy games'''(MMORTS)
Permainan jenis ini menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya. Permainan ini memiliki ciri khas di mana pemain harus mengelola suatu dunia maya dan mengatur strategi dalam waktu apapun. Dalam RTS, tema permainan bisa berupa sejarah (misalnya seri Age of Empires), fantasi (misalnya Warcraft), dan fiksi ilmiah (misalnya Star Wars)
§  Massively Multiplayer Online Role-playing games'''(MMORPG)
Sebuah permainan di mana pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. RPG biasanya lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi. Pada umumnya dalam RPG, para pemain tergabung dalam satu kelompok. Contoh dari genre permainan ini The Lord of the Rings Online: Shadows of Angmar, Final Fantasy, DotA.
§  Cross-platform online play
Jenis permainan yang dapat dimainkan secara online dengan perangkat yang berbeda. Saat ini mesin permainan konsol (console games) mulai berkembang menjadi seperti komputer yang dilengkapi dengan jaringan sumber terbuka (open source networks), seperti Dreamcast,PlayStation 2, dan Xbox yang memiliki fungsi online. misalnya Need for Speed Underground, yang dapat dimainkan secara online dari PCmaupun Xbox 360.
§  Massively Multiplayer Online Browser Game
Permainan yang dimainkan pada peramban seperti Mozilla FirefoxOpera, atau Internet Explorer. Sebuah permainan daring sederhana dengan pemain tunggal dapat dimainkan dengan peramban melalui HTML dan teknologi scripting HTML (JavaScriptASPPHPMySQL). Perkembangan teknologi grafik berbasis web seperti Flash dan Java menghasilkan permainan yang dikenal dengan "Flash games" atau "Java games" yang menjadi sangat populer. Permainan sederhana seperti Pac-Man bahkan dibuat ulang menggunakan pengaya (plugin) pada sebuah halaman web. Browser games yang baru menggunakan teknologi web seperti Ajax yang memungkinkan adanya interaksimultiplayer.
§  Simulation games
Permainan jenis ini bertujuan untuk memberi pengalaman melalui simulasi. Ada beberapa jenis permainan simulasi, di antaranya life-simulation gamesconstruction and management simulation games, dan vehicle simulation. Pada life-simulation games, pemain bertanggung jawab atas sebuah tokoh atau karakter dan memenuhi kebutuhan tokoh selayaknya kehidupan nyata, namun dalam ranah virtual. Karakter memiliki kebutuhan dan kehidupan layaknya manusia, seperti kegiatan bekerja, bersosialisasi, makan, belanja, dan sebagainya. Biasanya, karakter ini hidup dalam sebuah dunia virtual yang dipenuhi oleh karakter-karakter yang dimainkan pemain lainnya. Contoh permainannya adalah Second Life.
§  Massively multiplayer online games (MMOG)
Pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), di mana setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata. MMOG muncul seiring dengan perkembangan akses internet broadband di negara maju, sehingga memungkinkan ratusan, bahkan ribuan pemain untuk bermain bersama-sama. MMOG sendiri memiliki banyak jenis seperti:
§  MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game)
§  MMORTS (Massively Multiplayer Online Real-Time Strategy)
§  MMOFPS (Massively Multiplayer Online First-Person Shooter)
§  MMOSG (Massively Multiplayer Online Social Game)

Berdasarkan Grafis
§  2 Dimensi (2D)
Permainan yang mengadopsi teknologi ini biasanya termasuk permainan yang ringan dan tidak membebani sistem. Kelemahan permainan ini adalah kualitas gambar yang kurang enak dilihat jika dibandingkan dengan permainan 3D. Permainan daring pada umumnya sekarang mengadopsi teknologi 2,5D di mana karakter yang dimainkan berbentuk 2D, namun dengan lingkungan yang sudah mengadopsi 3D.
§  3 Dimensi (3D)
Permainan bertipe 3D memiliki grafik yang lebih baik dalam penggambaran sehingga mirip dengan realita. Biasanya dalam permainan dengangrafik 3D memiliki sudut pandang hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan dunia dalam permainan tersebut. Akan tetapi, spesifikasi komputer yang dibutuhkan dalam permainan 3D cukup tinggi.
Berdasarkan Cara Pembayaran
§  Pay to Play
Jenis permainan di mana pemain harus membayar sejumlah uang untuk bermain. Beberapa permainan dapat di-install atau dimainkan secara gratis, namun jika pemain ingin menaikkan level dengan cepat atau membeli barang (item) langka pada permainan, maka pemain harus membayar sejumlah uang, misalnya GunboundRagnarok Online, dan Ghost Online. Beberapa permainan lainnya membebankan pemain dengan biaya langganan untuk mendapatkan layanan mereka, seperti pada permainan Lineage II dan Final Fantasy XI.
§  Free to Play
Jenis permainan ini tidak membebankan pemain dengan biaya apapun, sehingga dapat dimainkan langsung secara cuma-cuma. Permainanfree to play misalnya Subspace, Terra, dan Crossfire. Ada pula permainan free to play yang diselingi oleh iklan, baik di dalam permainan ataupop-up, seperti permainan Anarchy Online.
Aturan game online
Game online biasanya diikat dengan semacam peraturan yang disebut End User License Agreement (EULA). Konsekuensi yang didapat apabila melanggar perjanjian tersebut bervariasi sesuai dengan kontrak, mulai dari peringatan hingga penghentian. Misalnya, pada permainan Second Life, di mana pemain akan diberi peringatan, suspensi, bahkan pemutusan keanggotaan, apabila pemain melanggar perjanjian. Penegakan EULA sedikit sulit, karena tingginya biaya yang dibutuhkan untuk melakukan intervensi manusia serta hasil yang kecil terhadap perusahaan, sehingga EULA hanya menguntungkan bagi permainan-permainan berskala besar.
Dampak game online
Dampak Positif
§  Melalui jaringan internet, memungkinkan pemain untuk melakukan sosialisasi virtual tanpa dibatasi ruang dan waktu. Bukan hal langka lagi ketika seorang pemain permainan daring menjalin hubungan pertemanan bahkan pernikahan yang bermula dari bermain game online bersama.
§  Game online seringkali menuntut pemainnya untuk menyusun strategi dalam waktu singkat sehingga permainan yang tepat dapat melatih respon dan kecepatan berpikir seseorang. Hasil penelitian University of Rochester di New York, Amerika menyebutkan bahwa para pemain memiliki fokus yang lebih terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, jika dibandingkan dengan mereka-mereka yang jarang main game, apalagi yang tidak main sama sekali
§  Game online jika dimanfaatkan dapat membuka peluang bisnis dan lahan mandapatkan penghasilan tambahan. Misalnya saja dengan menjadi pengusaha game centre, berjualan voucher permainan, atau bahkan melakukan transaksi jual beli melalui permainan.
Dampak Negatif
§  Sosialisasi fisik berkurang, karena pemain lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi di dunia maya.
§  Game online dimainkan melalui komputer, yang mengeluarkan spektrum cahaya yang dapat merusak mata jika dipandangi terus-menerus tanpa istirahat.
§  Beberapa game online memerlukan biaya untuk memainkannya, misalnya dalam kategori permainan pay-to-play atau sekedar biaya penyewaan komputer di warnet atau game centre. Apabila tidak diorganisir dengan baik,game online dapat menghabiskan biaya cukup besar.
§  Game online dapat mengacaukan manajemen waktu jika tidak diatur dengan baik. Banyak kasus di mana pemain yang kecanduan game online bermain hingga lupa waktu dan melalaikan segala tanggung jawab dan pekerjaannya di dunia nyata, seperti bolos sekolah.

Contoh game online :
1.Point Blank
Point Blank adalah sebuah Online First Person Shooting Game dengan tingkat realistik tinggi.
Point Blank dipublikasikan oleh NCSoft yang dikembangkan oleh Zepetto dari Kore Selatan. Selain Korea Selatan, permainan point blank mempunyai server sendiri di Thailand, Rusia, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri game point blank dikelola oleh PT. Kreon melalui Gemscool. Point Blank berkisah tentang perseteruan antara Free Rebels dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Counter Terrorist Force(CT-Force)

Latar Belakang Permainan

1. Terbentuknya Free Rebels
Semakin bertambahnya imigran yang tidak mendapatkan pekerjaan dan terusir dari masyarakat, sehingga untuk bertahan hidup para imigran kemudian melakukan berbagai macam tindak kriminal dari perampokan hingga pengedaran obat-obatan terlarang. Aksi kriminal ini berkembang menjadi gerakan yang teroganisir hingga terbentuk organisasi yang dinamakan Free Rebels. Tujuannya tidak lain untuk menguasai seluruh perdagangan obat terlarang dan senjata di seluruh dunia serta menciptakan rasa takut bagi masyarakat.
2. Terbentuknya CT-FORCE
Akibat konflik dengan imigran yang semakin meluas, pemerintah memutuskan dibentuk suatu organisasi khusus untuk menghadapi para teroris.Sejak dibentuknya organisasi ini, mereka mulai mencari informasi dan keberadaan dari organisasi teroris yang dinamakan Free Rebels. Sejalan dengan meningkatnya ancaman teroris tersebut, pemerintah kemudian mengirimkan bantuan pasukan terbaik yang pernah ada di pemerintahan yang kemudian datang dan bergabung serta berganti nama menjadi CT-FORCE (Counter Terrorist Force)

Model Permainan Point Blank OnlinePoint Blank memiliki 7 mode permainan, yaitu:
Death Match: Bunuh pemain musuh hingga skor tim-mu mencapai nilai yang ditentukan atau berusahalah menjadi tim dengan skor terbanyak saat waktu permainan habis.
Bomb Mission: Tujuan tim Free Rebels adalah untuk meledakkan area yang disebut bombsite dengan C4, sementara tujuan tim CT-Force adalah mencegah tim Free Rebels meledakkan bombsite.
Destroy Mission: Hancurkan objek yang menjadi target dalam mode ini.
Eliminate: Habisi semua musuh yang ada untuk memenangkan ronde.
AI Mode: Dalam mode ini, para pemain diharuskan untuk melawan musuh yang dikendalikan oleh komputer (AI). Mode AI terdiri dari Level 1 hingga Level 10, dimana semakin tinggi levelnya, semakin tinggi pula tingkat kesulitan musuh AI. Mode ini telah dihapus dari Point Blank Indonesia karena ada bug yang membuat experience dan point yang seharusnya tidak didapat bisa didapat.
Shotgun Mode: Hanya senjata tipe shotgun saja yang dapat digunakan dalam mode ini.
Sniper Mode: Hanya senjata tipe sniper rifle saja yang dapat digunakan dalam mode ini.
Senjata Point Blank Online
Point Blank memiliki banyak variasi senjata yang bisa digunakan, yang terdiri dari:
Assault Rifle
1. K-2
2. AK-47
3. F2000
4. SG 550
5. M4A1
6. SG 550 Special
7. G36C
8. AUG A3
9. AK SOPMOD
10. AK SOPMOD King Cobra (belum dirilis di Indonesia)
11. K-201 (belum dirilis di Indonesia)
Submachine Gun
1. K-1
2. MP7
3. MP5K
4. Spectre
5. UMP45
6. MP5K Gold
7. Spectre Wood
8. P90
9. Kriss Super V
10. P90 Matrix Custom
Handgun
1. K-5
2. Mk.23
3. Glock 18
4. Desert Eagle
5. P99 & HAK
6. Colt Phyton
7. Dual Handgun
8. Dual Desert Eagle
Melee
1. M7
2. Dual Knife
3. Amok Kukri
4. Mini Axe
5. Combat Machete
Shotgun
1. 870 MCS
2. 870 MCS Wood
3. SPAS 15
4. M1887
Machine Gun
1. Mk.46
2. M197 (terdapat dalam helikopter di map “Helispot” dan “Outpost”)
Sniper Rifle
1. SSG-69
2. SSG-69 Special
3. PSG1
4. PSG1 Special
5. Dragunov
6. Dragunov Gold
7. Dragunov King Cobra
8. L115A1
Grenade
1. K-400
2. K-413 Dual Grenade
3. C5
4. C4 (hanya terdapat di Bomb Mission)
Special
1. Smoke
2. White Phosphorus Smoke
3. Flashbang
Senjata lain
1. RPG7 (Terdapat di map “Outpost” dan map “Helispot”)
Kebanyakan senjata memiliki “extension” yang dapat digunakan dengan klik kanan mouse atau tombol B. Extension sebuah senjata bervariasi tergantung dari senjata yang digunakan, mulai dari teropong optik, dot sight, hingga peredam suara. Ada beberapa senjata yang hanya bisa didapatkan melalui “Supply Kit”, yaitu M4A1 Custom dan Rangemaster.
Karakter Permainan Game PB
Point Blank memiliki total 8 karakter yang dibagi ke 4 karakter untuk masing-masing tim.
CT-Force
Acid Pool (Paul) – Lulus sebagai polisi terbaik dari University of Elite Police dan mempunyai pembawaan yang cool. Akan tetapi karena gaya bicaranya yang lucu maka dia diberikan nickname “Acid Pool” oleh teman-temannya Setelah lulus dia kemudian mendaftar untuk menjadi polisi. Karena mempunyai kemampuan yang tinggi dan selalu memiliki taktik yang baik, dia kemudian ditugaskan untuk bergabung dengan CT-FORCE. Untuk membuktikan loyalitas dan kepercayaanya kepada pemerintah, dia siap untuk melawan Free Rebels yang semakin merajalela.
Keen Eyes (Ayse) – Merupakan keturunan campuran antara penduduk asli dan pendatang. Dia mempunyai kemampuan yang tinggi dan merupakan salah satu pimpinan dari kepolisian. Karena alasan ini CT-FORCE berniat untuk mengajaknya bergabung. Karena merupakan keturunan campuran dan memiliki mata yang tajam maka teman-temannya menjulukinya “Keen Eyes”. Merupakan satu-satunya keturunan campuran di kepolisian.
Leopard - Pada usia 17 tahun dia melakukan imigrasi ke United States bersama dengan seluruh keluarganya. Karena merupakan keturunan Asia dia selalu diganggu oleh teman sekolahnya. Setelah lulus dari universitas pada 22 tahun dia langsung mendaftar untuk menjadi U.S Army. Pada usia 24 tahun dia sudah menjadi anggota dari Green beret special force. Dia kemudian mendapatkan pangkat Sergeant pada usia 33 tahun. Setelah itu, dia kembali ke tempat kelahirannya untuk menikmati hidup. Tidak lama kemudian terdengar kabar bahwa pemerintah pusat ingin merekrut semua prajurit yang handal untuk membentuk team melawan para terroris yang semakin merajalela. Team tersebut dinamakan Ct-FORCE. Green beret mendapatkan perintah untuk mencari seseorang yang mempunyai kemampuan yang tinggi untuk bergabung dengan CT-FORCE melawan teroris. Pada saat bergabung dengan CT-FORCE dia mendapatkan panggilan “Leopard”.
Hide – Dia lahir di Inggris, kedua orangtuanya merupakan mantan prajurit di Tokyo. Pada usia 19 tahun dia mendaftarkan diri untuk menjadi infantry pada British Army. Menginjak usia 22 tahun dia menjadi prajurit yang paling terkenal di British Army karena memiliki taktikal support dan kemampuan yang tinggi. Di usia 26 tahun dia mendapatkan pertempuran yang keras, sehingga menimbulkan luka pada wajahnya. Karena kemampuan dan pengalamannya CT-FORCE tertarik untuk merekrut dirinya Karena berasal dari negara asing dia diberikan nickname “Hide”. Akan tetapi karena sifatnya yang penyendiri dia kurang dapat bergaul dengan sesamanya dalam CT-FORCE Dengan potongan rambut yang pendek dan hitam serta bekas luka pada wajahnya, membuat dia terlihat sangat dingin.
Free Rebels
Red Bulls – Karena hanya seorang imigran dia tinggal di desa kecil bersama orang tuanya.dan imigran lainnya. Dia juga merupakan pemain bola yang hebat. Sesaat setelah menerima gelar MVP pada kejuaraan sepak bola, dia mendengar kabar bahwa kedua orangtuanya terbunuh pada saat mempertahankan desa mereka dari pemerintah yang ingin menghancurkan desa tersebut. Dia segera pulang ke desanya, akan tetapi dia hanya menemukan desanya yang telah hancur lebur. Hatinya penuh dengan amarah dan kebencian kepada pemerintah. Kemudian dia bergabung dengan Free Rebels untuk membalaskan kematian orang tuanya. Memiliki fisik seorang pemain bola dan mempunyai mata yang tajam seperti banteng membuat teman-temannya di Free Rebels memanggilnya “Red Bulls”
Tarantula - Dia terlahir di keluarga imigran. Kehilangan kedua orang tuanya pada waktu kecil karena kecelakaan, kemudian diadopsi oleh keluarga lain. Hari demi hari dilalui di keluarga barunya. Akan tetapi sifat rasis dari ayah angkatnya semakin lama semakin besar dan memperlakukan dirinya secara kasar. Suatu hari dia menemukan revolver di lemari, kemudian dia mengambil revolver itu dan menembakkanya ke dada ayah angkatnya. Akibat insiden ini dia dimasukkan ke dalam penjara. Dalam penjara dia sering dipanggil dengan sebutan “Tarantula”. Setelah beberap tahun dia bebas dari penjara.Kemudian dia mendengar kabar bahwa para imigran selalu mendapatkan diskriminasi, hal ini membuatnya sangat marah. Kemudian dia memustuskan untuk bergabung dengan Free Rebels.
D-Fox – Kedua orang tuanya berasal dari Timur Tengah dan Asia. Meskipun campuran dia memiliki fisik yang baik. Pada usia 20 tahun dia telah menjadi Lieutenant dan telah melakukan banyak misi khusus. Pada usia 25 tahun dia telah menjadi Team leader. Dia terkenal karena tidak pernah meninggalkan jejak di setiap pertempuran. Di usia 26 tahun dia telah menjadi seorang Army Ranger. Tidak lama setelah itu dia mendapatkan suatu tugas rahasia dari pemerintah. Akan tetapi karena ada kesalahan informasi dari pemerintah, seluruh anggota teamnya terbunuh. Pemerintah melimpahkan semua kesalahan kepada dirinya atas kejadian itu. Tidak terima perlakuan pemerintah, dia kemudian memberontak dan bergabung dengan Free Rebels Untuk mengenang dan menghormati teman-temannya yang telah terbunuh di medan perang dia kemudian menamai dirinya Desert Fox, yang kemudian disingkat menjadi “D-Fox”. Pada suatu misi dia tidak sempat untuk melarikan diri sebelum bomb yang dipasang meledak, sehingga tanganya terluka. Oleh karena itu dia selalu menggunakan sarung tangan.
Viper Red – Dia mengikuti jejak ayah angkatnya yang berasal dari Perancis untuk menjadi seorang bodyguard. Kemampuan bertarung dan daya tahan tubuhnya telah ditempa dengan baik dari waktu kecil. Dia diadopsi oleh seseorang dari negara lain 25 tahun yang lalu, karena ibunya akan menjalankan suatu misi rahasia. Sekarang dia berusaha untuk mencari dan menemui ibunya kembali. Dia kemudian mendapatkan kabar bahwa ibunya adalah seorang Free Rebels dan telah terbunuh oleh pemerintah pada saat pertempuran demi melindungi imigran dari Amerika Latin. Mendengar itu dia kemudian memutuskan untuk bergabung dengan Free Rebels untuk membantu para imigran yang tertindas dan membalaskan dendam ibunya. Tidak seperti wanita yang lainnya. Dia mempunya kecepatan yang tinggi dan kekuatan yang besar. Dia juga ahli dalam menyusun taktik dan selalu bergerak licin seperti ular pada saat di medan pertempuran. Dia tidak menyukai sinar matahari dan selalu menggunakan kacamata hitam.

2. Ragnarok online
Ragnarok Online (RO, bahasa Korea: 라그나로크 온라인 / lageunalokeu onlain) adalah sebuah MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game) dari Korea Selatan yang dibuat berdasarkan cerita dan latar belakang yang sama dari komik korea terkenal berjudul "Ragnarok" yang ditulis oleh Lee Myoung-Jin.

Komik ini kemudian dikembangkan menjadi sebuah game online yang memfokuskan fitur komunitas antar pemainnya. Game ini dibuat oleh Gravity Corporation. Pada hari Rabu, selalu diadakan maintenace minggu yang mana client RO selalu diperbarui setiap saat untuk menambah kenyamanan bermain serta menambahkan hal-hal, barang, kota-kota baru, maupun event tertentu.

Hampir seluruh versi resmi (official) RO sudah memasuki masa komersil di mana pemain harus membayar untuk bermain (pay-to-play). Perlu dibedakan, terdapat pula private server yang merupakan server tidak official (ilegal) dan tidak ada toleransi dari Gravity serta penyelenggara RO di seluruh belahan dunia.

Inti permainan ragnarok


Dalam permainan ini, yang berlatar di dunia Rune Midgard, tidak ada jalan cerita sehingga pemain bebas melakukan apa yang diinginkan, walaupun ada beberapa cerita sampingan atau quest yang dibuat oleh pengembang game. Sistem tanpa cerita ini membuat pemain sangat leluasa. Walaupun demikian, seperti pada umumnya game MMORPG, pada umumnya yang dikejar oleh pemain adalah kenaikan level (atau lebih dikenal dengan istilah leveling) sampai level maximal, dalam Ragnarok Online yang resmi, batas maximal adalah 99.

Level pemain dalam RO terbagi 2, base level dan job level. Base level adalah level karakter seseorang yang berpengaruh pada statusnya sedangkan job level mempengaruhi kemampuan profesi karakter pemain. Status karakter ada 6 macam yaitu STR (Strength), INT (Intelligence), DEX (Dexterity), LUK (Luck), VIT (Vitality), AGI (Agility) dan pemain bebas menaikkan status yang ia mau.

Kenaikan level (level up) dapat dicapai dengan cara membunuh monster-monster yang tersebar di berbagai tempat, lazimnya ada 2 tipe tempat, yang paling mudah dikenali adalah tempat yang "tertutup" atau lebih sering disebut sebagai dungeon dan tempat terbuka. Membunuh monster memberi pemain 2 macam experience (exp) point, yang dihitung ke base level dan job level. Apabila karakter sudah mengumpulkan exp yang cukup maka level karakter akan naik.

Sistem ekonomi RO dijalankan dengan mata uang Zeny dan berjalan sesuai dengan hukum pasar, terutama oleh penjualan barang-barang langka yang tidak bisa ditemukan di toko yang berputar di kalangan pemain berlevel tinggi.


War Of Emperium

Salah satu daya tarik utama dari game Ragnarok Online adalah War of Emperium (WOE). War of Emperium adalah perang antar guild di kerajaan Rune-Midgard untuk memperebutkan beberapa istana yang tersebar di kota Prontera, Payon, Geffen, dan Al de Baran. Untuk bisa berpartisipasi dalam WOE, karakter harus memiliki sebuah guild terlebih dahulu. Untuk membentuk sebuah guild, seorang pemain membutuhkan sebuah item langka yang bernama Emperium. Emperium sendiri adalah nama dari sebuah batu mulia di dunia Rune-Midgard yang dikatakan bisa memberikan kekuatan dan kekuasaan bagi siapapun yang memilikinya.


Jadwal WOE (Ragnarok Online Indonesia)

* Server Thor : Selasa dan Jumat 18:00 - 20:00 malam
* Server Fun n' Chat : hari Selasa dan Jumat jam 18:00 - 20:00 malam
* Server Rebirth : Server ini belum menjalankan WoE.


MVP

MVP atau singkatan dari Most Valuable Player adalah semacam sebutan bagi pemain yang bisa mengalahkan beberapa monster tertentu. Monster ini tidak seperti monster lainnya yang keluar setiap saat. Monster khusus ini biasanya keluar 1 hingga 2 jam tergantung jenis monsternya. Monster MVP ini juga dapat menjatuhkan barang yang langka dan mahal sehingga banyak diminati oleh pemain-pemain RO.

Kota

Kota di RO bebas dikunjungi seluruh pemain baik dengan cara berjalan dari kota ke kota ataupun menggunakan jasa warp oleh Kafra dengan membayarnya ataupun dengan bantuan dari pemain lain yang berprofesi Acolyte, Priest, Monk dan Super Novice.

Pada episode 10.x di-implementasikan sistem baru selain menggunakan Kafra, yaitu Airship dan Kereta Api. Sistem ini menggantikan fungsi teleport pada Kafra untuk kota kota "baru" (Rute Juno, Lighthalzen, Einbroch, dan Hugel)

Kerajaan Rune-Midgard

Kota kota ini dapat dengan mudah dicapai menggunakan jasa teleport dari Kafra service

* Prontera, Ibu kota Kerajaan Rune-Midgard yang terletak di tengah peta. Merupakan tempat berubah menjadi Acolyte, Priest, Knight, dan Crusader/Defender. Prontera adalah kota yang menyediakan tempat untuk menikah (di gereja Prontera). Di timur laut Prontera terdapat St. Capitolina Abbey, yang berlokasi tidak jauh dari Prontera (timur-utara-timur-timur). Di sini terdapat sebuah kuil yang terletak di dalam hutan dan merupakan tempat untuk berubah menjadi profesi Monk.

* Geffen, kota para penyihir yang terletak di bagian barat Prontera. Merupakan tempat untuk berubah menjadi profesi Magician dan Wizard. Di tengah kota terdapat Menara Geffen. Kota ini tidak termasuk sebagai area yang bisa dipilih untuk PVP.

* Izlude, kota satelit Prontera tempat berubah menjadi Swordsman. Di kota Izlude terdapat satu-satunya bandara yang menghubungkan Kerajaan Rune-Midgard dengan Republik Schwarzwald. Karena ukurannya yang relatif kecil, tempat ini sering dijadikan tempat untuk nongkrong di PVP. Di tempat ini pula disediakan arena, di arena para pemain dapat mencoba kekuatannya melawan monster-monster yang sesuai dengan level pemain. Arena terletak di arah jam 12 kota Izlude.

* Morroc, Sebuah kota di tengah padang pasir yang bernuansa Timur Tengah. Morroc terletak di sebelah barat Prontera. Desain kota Morroc diilhami oleh negara Mesir. Merupakan tempat untuk berubah menjadi profesi Thief (di Piramid), Assassin (di sebelah tenggara Morroc) dan Rogue (di pulau mercusuar sebelah barat daya Morroc). Sejak episode 10.3, Morroc juga merupakan tempat untuk berubah menjadi profesi Soul-Linker. Pada episode 12, dikisahkan Setan Morroc yang disegel di pusat kota Morroc akan bangkit, sehingga kota ini akan hancur berantakan menjadi sebuah kota mati. Beberapa gurun di sekitar Morroc akan dipenuhi oleh monster boss level tinggi, termasuk Setan Morroc sendiri yang merupakan MVP Boss.

* Payon, kota yang bersuasana Korea. Payon terletak di tengah hutan Payon, sebelah tenggara dari Prontera. Pada April 2005, server idRO menambahkan patch New Payon yang merupakan rekonstruksi kota Payon menjadi lebih besar dari sebelumnya. Kota Payon merupakan tempat untuk berubah menjadi profesi TaeKwon dan TaeKwon Master. Di bagian utara Payon terdapat desa kecil yang biasa disebut Desa Archer, Desa Archer merupakan tempat berubah menjadi profesi Archer dan terdapat sebuah gua di sini. Di sebelah timur Payon terdapat hutan yang sangat lebat yang juga merupakan tempat perkumpulan profesi Hunter sebelum akhirnya di pindah ke kota Hugel.

* Alberta, kota pelabuhan di selatan Payon tempat berubah menjadi Merchant. Di kota Alberta terdapat pelabuhan yang merupakan satu-satunya cara mencapai ke beberapa kota baru. Kota-kota baru itu antara lain, Amatsu, Gonryun, Louyang, dan Ayothaya. Pemain membutuhkan 1.000 zeny untuk dapat mencapai kota-kota tersebut melalui NPC yang berada di arah jam 3 kota Alberta. Khusus untuk novice yang ingin menuju Amatsu, dapat menggunakan warp gratis yang disediakan oleh perkumpulan Ninja, NPC warp tersebut dapat ditemukan di sekitar arah jam 8 kota Alberta.

* Al de Baran, Al de Baran adalah kota bernuansa Eropa yang terletak di utara Prontera, Di kota ini terdapat tempat untuk berubah menjadi Alchemist dan Super Novice. Di tengah kota Al de Baran terdapat sebuah menara jam. Al de Baran bisa dicapai dengan menggunakan jasa warp dari Geffen dan Izlude. Di dekat Al de Baran, pemain juga dapat menemukan kantor Kafra Pusat (arah jam 10), di tempat ini pemain dapat menukarkan poin spesial (yang didapat dengan menggunakan layanan teleport / storage kafra).



Kota kota baru

* Amatsu, kota yang kental nuansa Jepang nya. Bunga Sakura selalu mekar di sini. Di kota ini terdapat tempat perkumpulan profesi Ninja. Amatsu bisa dicapai dengan menggunakan kapal laut dari pelabuhan Alberta.

* Ayothaya, Disebut juga dengan julukan Kota Emas, merupakan kota dengan tema Thailand. Ayothaya bisa dicapai dengan menggunakan kapal laut dari pelabuhan Alberta.

* Comodo, Kota hiburan yang mengambil nama dari pulau Komodo di Indonesia. Kota ini terletak di dalam gua sehingga kegelapan malam selalu menyelimuti kota. Tempat berubah menjadi profesi Bard dan Dancer.

* Gonryun, di beberapa versi RO disebut juga Kunlun, merupakan kota yang didasarkan pada suasana dan budaya Taiwan dan Hong Kong. Gonryun bisa dicapai dengan menggunakan kapal laut dari pelabuhan Alberta.

* Jawaii, Pulau Kasih Sayang. Pulau ini hanya bisa dicapai oleh pasangan yang sudah menikah saja. Di pulau ini bisa dibeli sebuah item yang bila digunakan akan mengubah baju karakter pemain menjadi baju pengantin untuk beberapa menit. Pulau Jawaii memiliki nuansa tropis khas Hawaii.

* Louyang, Kota Legenda Naga, sebuah kota bernuansa Kekaisaran Tiongkok tempo dulu.

* Lutie, kota natal yang hanya bisa ditempuh lewat Al de Baran. Terdapat sebuah pabrik mainan di sini.

* Niflheim, Kota Kematian. Nifleheim merupakan sebuah kota hantu. Memiliki tema sebagai kota para orang mati, cukup merepotkan untuk menuju ke sini karena hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki dari Umbala. Atau apabila ingin cepat, bisa menggunakan bungee-jumping di air terjun yang berada di desa Umbala, namun akan mengakibatkan risiko kematian bila gagal (tidak mengakibatkan turunnya 1% experience). Dan kalaupun sukses, anda akan berada di Niffelheim dengan hanya 1 HP tersisa.

* Umbala, Sebuah desa terpencil di tengah hutan yang terletak di sebelah barat kota Morroc. Penduduk Umbala memiliki bahasa tersendiri yang bisa dipelajari oleh karakter dengan menyelesaikan sebuah quest. Di sebelah utara desa Umbala terdapat akar pohon Yggdrasil yang akan membawa siapapun yang melintasinya menuju ke kota kematian Nifleheim. Umbala menggambarkan suasana pedalaman Afrika.



Republik Schwarzwald

* Einbroch, Kota Einbroch dikelilingi daerah berbukit yang sedikit akan tanaman. Area yang merupakan daerah penuh pertambangan. Pabrik kosong dan bekas penambangan banyak ditemukan di daerah sekitar Einbroch. Guild Blacksmith dan Gunslinger terletak di kota ini. Di Einbroch juga terdapat jalur kereta api yang menghubungkan Einbroch dengan Einbech. Einbech adalah kota satelit Einbroch. Di kota ini terdapat sebuah tempat penambangan tua yang dihuni oleh berbagai macam monster. Einbroch dan Einbech terletak di sebelah utara Al de Baran.

* Hugel, Hugel adalah nama sebuah desa di pedalaman Republik Schwarzwald yang tenang dan memiliki banyak permainan seperti Bingo. Hugel terletak di sebelah timur laut Juno. Sejak episode 10.4, Hugel juga menjadi markas baru bagi perkumpulan Hunter.

* Juno, Kota ini ditambahkan pada peta Rune-Midgard sekitar bulan Juli 2004 saat update Episode 5. Juno adalah Ibu kota Republik Schwartzwald dan merupakan tempat untuk berubah menjadi seorang Sage. Juno terletak di sebelah barat laut Al de Baran. Di Juno terdapat buku dan jantung Ymir yang diperlukan kalau ingin berubah menjadi Profesi Advanced (Job Transcended/Rebirth).

* Lighthalzen, Lighthalzen merupakan suatu kota yang berada di antara pegunungan tinggi. Kota ini mempunyai teknologi yang cukup tinggi dan perekonomian kota yang tinggi. Kota ini mendapatkan sebutan kota kebahagiaan. Semua tempat di kota ini dibangun dengan indah dan berseni. Kota Lighthalzen terletak di sebelah barat Al de Baran dan bisa dicapai dengan menggunakan balon udara dari Juno. Lighthalzen terkenal akan dungeonnya, yaitu Bio-Labs yang berisi monster-monster yang sangat mirip dengan Dopplegangger, monster-monster ini berupa karakter-karakter dari job pemain dan memiliki level dan status yang tinggi, dan memiliki skill-skill yang mirip dengan karakter dari job pemain, sehingga sangat tangguh.



Arunafeltz
* Rachel, diimplementasikan pada episode 11, merupakan ibu kota Arunafeltz yang terletak di barat Republik Schwartzvald. Kota yang sangat religius dengan nuansa budaya Ibrani atau Turki. Di kota ini terdapat keuskupan Arunafeltz yang berpusat di Kuil Cheshrumnir di utara Rachel, di mana juga terdapat dungeon Holy Ground. Penduduk Rachel menyembah dewi bernama Freya.
* Veins, diimplementasikan pada episode 11.2, adalah sebuah kota yang dikelilingi gurun dan ngarai yang terjal dan juga dekat dengan gunung berapi Thor, sehingga menjadi pusat penelitian Geologi.
* Nameless Island, akan diimplementasikan pada episode 11.3, adalah sebuah kepulauan kecil terasing yang hanya bisa diakses dari sebuah perahu di pantai Veins. Pada siang hari kota ini terlihat indah, namun saat malam kutukan datang dan kota ini menjadi dipenuhi oleh monster undead dan demon. Tidak seperti kota Arunafeltz lain yang bernuansa Timur Tengah, Nameless Island lebih bernuansa Eropa kuno.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar