Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Materi Potoshop

SEJARAH PERKEMBANGAN PHOTOSHOP

Pada akhir 1980-an, Thomas Knoll dan John Knoll mengembangkan sebuah pemrograman perisian grafik yang dipanggil program- pixel imaging – buat pertama kali, kemudian Image Pro, dan akhirnya Photoshop. Mereka membuat suatu persembahan diterima dengan baik kepada Russell Brown di Syarikat Adobe dan kemudian Adobe Photoshop dilesenkan pada tahun 1988. Bermulalah perkembangan suatu sejarah yang dikenali sebagai Adobe Photoshop .

            Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah penyunting grafik yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Adobe Systems yang dikhaskan untuk penyuntingan foto/gambar dan pembuatan kesan gambar. “Photoshop” bermaksud “kedai foto” dalam Bahasa Inggeris. Perisian ini banyak digunakan oleh jurugambar digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pasaran utama untuk perisian pengolahan gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah dihasilkan oleh Adobe Systems. Versi kelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS, versi kesembilan disebut Photoshop CS2, Photoshop CS3, Photoshop CS4 dan versi terbaru yang akan dilancarkan April 2010 ini adalah Photoshop CS5.

Photoshop boleh digunakan pada Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perisian tertentu seperti CrossOver.
Walaupun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berasaskan kertas, Photoshop yang wujud kini juga dapat digunakan untuk menghasilkan gambar bagi Jaringan Sejagat. Beberapa versi terakhir juga menyertakan sekali aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan tersebut.

Photoshop juga berkait rapat dengan beberapa perisian penyunting media, animasi, dan authoring buatan – Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat dieksport ke/dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar tidak linear dan layanan kesan khas seperti latar belakang, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisyen, filem, dan laman web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan butang DVD.



Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:

* Model warna RGB = adalah sebuah model warna additif dimana pancaran warna red (merah), green (hijau), dan blue (biru) ditambahkan bersama dengan cara yang bervariasi untuk mereproduksi susunan warna yang lebar. Warna aditif digunakan untuk lighting, video, dan monitor. Monitor sebagai contoh, menciptakan warna dengan memancarkan cahaya melalui merah, hijau dan biru fosfor.

            Tujuan utama dari model warna RGB adalah untuk mempresentasikan ulang, dan menampilkan gambar dalam sistem elektronik, misalnya dalam televisi dan komputer. Model warna RGB juga digunakan dalam fotografi konvensional.

            RGB adalah sebuah ruang warna yang sifatnya bergantung kepada perangkat.

* Model warna Lab color model = LAB Color Model (Lab) berdasar kepada persepsi manusia atas warna, merupakan salah satu dari beberapa model warna yang diproduksi oleh Commission Internationale d’Eclairage (CIE), suatu organisasi yang dipersembahkan untuk menciptakan standard untuk semua aspek cahaya.Nilai numeric di dalam Lab menguraikan semua warna yang ditangkap seseorang dengan penglihatan normal. Sebab, Lab menguraikan bagaimana suatu warna dilihat dibandingkan dengan beberapa banyak bahan warna tertentu yang diperlukan untuk suatu alat (seperti: suatu monitor, desktop printer, atau kamera digital) untuk menghasilkan warna. Lab dianggap sebagai suatu device-independent color model.Color management system menggunakan Lab sebagai acuan warna untuk perubahan yang dapat diramalkan, suatu bentuk warna dari satu color space ke color space yang lain.Lab menguraikan warna dalam kaitannya dengan luminance atau lightness-components (L) dan dua chromatic components (a), komponen merah dan hijau dan (b) komponen (kuning dan biru).


* Model warna CMYK =
CMYK (adalah kependekan dari cyan, magenta, yellow-kuning, dan black-hitam, dan biasanya juga sering disebut sebagai 'warna proses' atau 'empat warna'). CMYK adalah sebuah model warna berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya (substractive color model) dan yang umum dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Istilah CMYK juga biasanya digunakan untuk menjelaskan proses pencetakan itu sendiri. Meskipun terdapat beberapa methode pencetakan yang diterapkan pada percetakan, operator cetak, pembuat mesin cetak dan urutan penintaan, proses pewarnaan umumnya berurutan sesuai dengan singkatannya, yaitu CMYK.






* Grayscale = Mode Grayscale
Cara sederhana untuk mengubah foto berwarna menjadi monokrom adalah berganti ke mode grayscale. Di Photoshop pilih [Image][Mode][Grayscale]. Proses ini mengurangi jumlah channel warna dari RGB menjadi satu (grayscale). Mode ini menggunakan lebih dari 256 bayangan abu-abu. Setiap pixel dari sebuah image dengan mode grayscale mempunyai nilai kecerahan (brightness) dengan range 0 (hitam) sampai 255 (putih). Nilai grayscale juga dapat diterapkan dalam persentase dengan 0% adalah putih, dan 100% adalah hitam.



* Duotone = Mode warna ini biasa digunakan untuk mendapatkan gambar dengan dua warna. Duotone
memiliki arti duo tone atau dua warna. Pada saat menggunakan mode warna duotone,
gambar yang dibuat hanya menggunakan dua channel warna saja. Anda dapat
menentukan sendiri warna yang diinginkan. Selain mode warna duotone, tersedia pula
mode warna monotone, tritone, dan quadtone. Monotobe berarti satu warna, Tritone
berarti tiga warna, dan Quadtone berarti empat warna.




MACAM-MACAM VERSI ADOBE PHOTOSHOP :

1.      1990 Adobe Photoshop 1.0 :

Ini adalah produk terawal dan pertama yang memperkenalkan Adobe Photoshop. Perisian baru ini meliputi
Pilihan:

* Pembetulan warna dengan Balance, Hue, dan Saturasi
* Paparan gambar dioptimasikan untuk proses pengeluaran
* Curves
* Levels
* Alatan Clone

2. 1991 Adobe Photoshop 2.0:


Versi kedua Photoshop sudah mula menggunakan sokongan untuk warna CMYK, Duotones, alat Pen
dan menyokong fail untuk rastezing Adobe Illustrator.Versi ini juga adalah permulaan untuk system pengoperasian MAC.

3. 1993 Adobe Photoshop 2.5 :

Ini merupakan perisian upgrading ke versi 2 dan dimasukkan beberapa palet juga memberikan sokongan untuk fail 16bit.Termasuk tambahan sokongan system pengoperasian untuk IRIX dan Solaris.

4. 1994 Adobe Photoshop 3 dengan Ciri-ciri Baru:

Versi ini adalah permulaan bercirikan beberapa lapisan di Photoshop. Lapisan ini adalah salah satu tambahan besar untuk Photoshop bahawa benar-benar mengubah cara gerak kerja di dalam Photoshop itu sendiri dan memberi pengguna lebih banyak kekuatan untuk bekerja dengan beberapa lapisan gambar daripada hanya satu lapisan sahaja.Versi ini juga menyokong plattes tab yang membantu pengguna untuk menjimatkan ruangan lebih banyak dan lebih baik untuk menetapkan ruangan kerja Photoshop.

5. 1996 – Adobe Photoshop 4:

Photoshop 4 ditambah dengan ciri2 baru seperti membantu Penyesuaian Layers dan Actions. Dan berkenaan antara muka Photoshop, versi ini dimasukkan ciri2 Toolbar baru bagi mendapatkan lebih lagi antara muka Adobe yang boleh dipadankan dengan produk2 Adobe yang lain.

6. 1998 – Adobe Photoshop 5:

Versi 5 datang dengan dua perubahan utama, teks boleh diedit dan membatalkan beberapa kemampuan yang sebelumnya, dua ciri jugamengalami perubahan sangat besar yang mempengaruhi kerja di Photoshop. Selain ciri-ciri ini Photoshop 5 disajikan kepada pengguna dengan Warna aluran gerak kerja berasaskan Konsortium Warna Antarabangsa (ICC) dan Magnetik Lasso tool.

7. 2000 – Adobe Photoshop 6:

Versi ini memperkenalkan kepada pengguna dengan Layer Styles dan dialog Blending Option, yang membantu untuk membuat banyak kesan dengan mudah dan cepat. Selain ciri ini, Photoshop 6 mempunyi ciri-ciri berikut:

* Bentuk vektor
* Memperbaharui antara muka pengguna
* Penapis Liquify

8. 2002 – Adobe Photoshop 7:

Photoshop 7 dikemaskinikan seperti berikut:

* Healing Brush
* Pembentukan teks penuh vektor
* Mesin untuk lukisan diperbaharui
* Pelayar carian untuk fail Photoshop

9. 2003 – Adobe Photoshop CS:

Ini adalah versi pertama yang dibundel oleh Adobe dengan produk2 Adobe yang lain dikenali sebagai Adobe Creative Suite (CS).
CS terbaru dikemaskinikan termasuk:

* Arahan Shadow / Serlahan
* Penggunaan persamaan arahan Warna
* Penapis Lens Blur
* Realtime Histogram
* Perkakasan Slice.
* Kumpulan hirarki Layer

10. 2005 – Adobe Photoshop CS2:

Adobe Photoshop CS dan CS2 telah mengambil Photophoto untuk trend terbaru dan berkemampuan, bertujuan untuk membantu pengguna untuk bekerja dengan lebih baik bersama kandungan2 di Photoshop seperti bekerja dengan Smart Objects, red eyes perkakasan yang hilang, Point … dll
Photoshop CS2 juga dikemaskinikan dengan ciri2 lain:

* Mempunyai sambungan ke Adobe Bridge 1.0
* Image Warp
* Spot Healing Brush
* Pembetulan Lensa penapis
* Smart sharpen
* Smart Guides
* Sokongan HDR imaging

11. 2007 – Adobe Photoshop CS3

Photoshop CS3 memulakan era dan langkah baru.Dengan sokongan Photoshop 3D dan animasi. Kedua-dua ciri
adalah lembaran baru untuk membuka trend terkini di Photoshop. Pengguna Photoshop kini boleh membuat dan bekerja dengan
kandungan 3D dan membuat animasi secara terus di Photoshop.
Versi CS3 mempunyai ciri-ciri berikut:

* Integrasi dari MATLAB
* Pengukuran dan alat-alatan mengira
* Menyokong format DICOM
* Movie Paint
* Vanishing Point dengan sokongan 3D
* Pemprosesan gambar yang stack

12. 2008 – Adobe Photoshop CS4:

Ini adalah versi sekarang Photoshop dan merangkumi dengan ciri2 tambahan berikut :

* Penerobos mengedit imej 3D dan composite
* Gerakan grafik Enhanced
* Volume rendering
* Kemudahan pengumpulan data dan analisis

Adobe Photoshop telah dikembangkan selama bertahun-tahun dan dengan setiap update, ada cabaran2 dan kemampuan baru.Pintu sebuah Kemampuan wujudnya penambahan untuk ciri baru dan tambahan baru terus terbuka lebar dan luas. Ini juga adalah sebabnya mengapa jumlah alatan sentiasa berubah dan bertambah didalam photoshop, ini kerana hanya untuk sebahagian besar pengguna.

Namun kini Adobe Photoshop sudah berusia 20 tahun. Walaupun bagi seorang pelajar ataupun pengguna yang tidak mampu milik untuk menggunakannya sebab harganya agak mahal namun ia adalah sebuah perisian grafik yang sangat diperlukan. Terutamanya para pengguna yang berkebolehan mereka cipta sesuatu terutamanya bidang - bidang grafik.

Untuk alternatif lain namun ada perisian percuma dari sumber terbuka dan setanding hebatnya seperti adobe ini. contohnya: GIMP, Irfan View, Paint.net dan banyak lagi.

v MACAM-MACAM SELECTION TOOL :
1. Marquee Tool
Saat kita klik Marquee Tool kita bisa melihat ada 4 jenis marquee tool
  1. Rectangular Marquee (Shortcut keyboard: M, atau Shift + M) Digunakan untuk membuat area selection berbentuk segi empat pada image.
  2. Elliptical Marquee (Shortcut keyboard: M, atau Shift + M) Digunakan untuk membuat area selection berbentuk elips atau lingkaran pada image.
  3. Single Row Marquee (Digunakan untuk membuat area selection satu baris pada image (ukuran tinggi selection adalah 1 pixel)
  4. Single Column Marquee (Digunakan untuk membuat area selection satu kolom pada image (ukuran lebar selection adalah 1 pixel). 

.2. Move Tool
Shortcut keyboard : V (Digunakan untuk menggeser/memindah selection, layers, dan guides)

3. Lasoo Tool
Shortcut keyboard: L, atau Shift + L untuk mengubah jenis Lasoo yang Terdiri dari 3 jenis yaitu:
  1. Lasoo tools (Digunakan untuk membuat area selection dengan bentuk bebas)
  2. Polygonal Lasoo (Digunakan untuk membuat area selection berbentuk polygon)
  3. Magnetic Lasoo (Digunakan untuk membuat area selection dengan cara menempelkan tepi selection pada area tertentu pada image)


.4. Magic Wand Tool
Shortcut keyboard : W (Digunakan untuk membuat area selection yang memiliki warna serupa.Perbedaan toleransi warna dapat diatur pada tool option bar).




v  MACAM – MACAM CROP DAN SLICE TOOL :
1. Crop Tool
  • Shortcut keyboard: C (Digunakan untuk memangkas image (memotong dan membuang area tertentu dari image)

2. Slice Tool
Shortcut keyboard: K, atau Shift + K untuk mengubah slice yang terdiri dari 2 jenis yaitu :
  1. Slice Tool (Digunakan untuk membuat potongan-potongan dari suatu image)
  2. Slice Select Tool (Digunakan untuk memilih potongan pada suatu image)

v  MACAM – MACAM . RETOUCHING TOOL :
1. Patch/Healing Brush Tool ((Shortcut keyboard: J, atau Shift + J mengubah tool)
  1. Patch Tool (Digunakan untuk mengecat/melukis pada area tertentu image dengan pola (pattern) atau sample tertentu. Cocok untuk memberbaiki image yang rusak)
  2. Healing Brush Tool (Digunakan untuk mengecat/melukis image dengan pola atau sample tertentu. Cocok untuk memperbaiki image yang agak rusak).

.2. Stamp Tool ((Shortcut keyboard: S, atau Shift + S untuk mengubah tool) yang terdiri terdiri dari 2 jenis yaitu:
  1. Clone Stamp Tool (Digunakan untuk melukis image dengan sample image tertentu)
  2. Pattern Stamp Tool (Digunakan untuk melukis image dengan menggunakan pola tertentu)

3. Eraser Tool (Shortcut keyboard: E, atau Shift + E untuk mengubah jenis eraser) Terdiri dari 3 jenis yaitu:
  1. Eraser (Digunakan untuk menghapus pixel image dan mengembalikannya ke state tertentu).
  2. Background Eraser (Digunakan untuk menghapus area tertentu image menjadi transparan).
  3. Magic Eraser (Digunakan untuk menghapus area tertentu image yang memiliki warna yang serupa menjadi transparan dengan satu kali klik).


4. Sharpen, Blur, Smudge Tool (Shortcut keyboard: R, atau Shift + R)
  1. Sharpen Tool (Digunakan untuk menajamkan area tertentu pada image).
  2. Blur Tool (Digunakan untuk menghaluskan/mengaburkan area tertentu pada image).
  3. Smudge Tool (Digunakan untuk menggosok/mencoreng area tertentu pada image)


5. Dodge, Burn, Sponge Tool (Shortcut keyboard: O, atau Shift + O)
  1. Dodge Tool (Digunakan untuk menerangkan warna di area tertentu pada image)
  2. Burn Tool (Digunakan untuk menggelapkan warna di area tertentu pada image)
  3. Sponge Tool (Digunakan untuk mengubah saturation di area tertentu pada image).


v  MACAM –MACAM PAINTING TOOL :
1. Brush Tool (Shortcut keyboard: B, atau Shift + B untuk mengubah tool) Terdiri dari 2 jenis yaitu :
  1. Brush Tool (Digunakan untuk melukis image dengan goresan kuas)
  2. Pencil Tool (Digunakan untuk melukis image dengan goresan pencil)
  3. 2. History Brush Tool (Shortcut keyboard: Y, atau Shift + Y untuk mengubah jenis) Terdiri dari 2 jenis yaitu : (1). History Brush Tool. (Digunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari Image); (2). Art History Tool (Digunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari image, dengan model artistik tertentu. 



2. Gradient, Paint Bucket Tool (Shortcut keyboard: G, atau Shift + G)
  1. Gradient Tool (Digunakan untuk mengecat area yang dipilih (selected area) dengan perpaduan banyak warna.)
  2. Paint Bucket Tool (Digunakan untuk mengecat area yang dipilih dengan warna foreground atau pola tertentu)


v  MACAM-MACAM DRAWING AND TYPE TOOL :
1. Selection Tool (Shortcut keyboard: A, atau Shift + A untuk mengubah jenis) Terdiri dari 2 jenis yaitu:
  1. Path Selection Tool (Digunakan untuk melakukan selection path)
  2. Direct Selection Tool (Digunakan untuk mengubah anchor dan direction point dari path).


2. Type Tool (Shortcut keyboard: T, atau Shift + T untuk mengubah jenis) Terdiri dari 4 jenis yaitu:
  1. Horizontal Type Tool (Digunakan untuk membuat tulisan secara horizontal)
  2. Vertical Type Tool (Digunakan untuk membuat tulisan secara vertikal)
  3. Horizontal Type Mask Tool (Digunakan untuk membuat selection berbentuk tulisan secara horizontal)
  4. Vertical Type Mask Tool (Digunakan untuk membuat selection berbentuk tulisan secara vertikal)


3. Pen Tool
  1. Pen Tool (Shortcut keyboard: P, atau Shift + P) Digunakan untuk membuat path dengan lengkung-lengkung yang halus
  2. Freeform Pen Tool (Shortcut keyboard: P, atau Shift + P) Digunakan untuk membuat path berbentuk bebas (sesuka kita )
  3. Add Anchor Point Tool (Digunakan untuk menambah anchor point atau titik editor pada path)
  4. Delete Anchor Point Tool (Digunakan untuk menghapus anchor point tertentu pada path)
  5. Convert Point Tool (Digunakan untuk mengubah anchor dan direction point tertentu pada path)

4. Shape Tool (Shortcut keyboard: U, atau Shift + U untuk mengubah jenis)
1.      Rectangle Tool (Digunakan untuk menggambar bentuk segi empat)
2.      Rounded Rectangle Tool (Digunakan untuk menggambar segi empat melengkung)
3.      Ellipse Tool (Digunakan untuk menggambar ellipse)
4.      Polygon Tool (Digunakan untuk menggambar polygon)
5.      Line Tool (Digunakan untuk menggambar garis lurus)
6.      Custom Shape Tool (Digunakan untuk menggambar bentuk tertentu dari daftar bentuk yang ada)


5. Notes Tool (Shortcut keyboard: N, atau Shift + N untuk mengubah jenis)
  1. Notes Tool (Digunakan untuk membuat catatan pada image seperti copyright)
  2. Audio Annotation Tool (Digunakan untuk membuat suara/audio pada image)

6. Eyedropper, Measure Tool (Shortcut keyboard: I, atau Shift + I)
  1. Eyedropper Tool (Digunakan untuk mengambil sample warna pada image untuk warna foreground)
  2. Color Sampler Tool (Digunakan untuk mengambil berbagai sample warna pada image)
  3. Measure Tool (Digunakan untuk mengukur jarak atau sudut pada image)
7.      Hand Tool (Shortcut keyboard :  H) Digunakan untuk menggeser/memindah bidang pandang image di dalam window view area.


8.      Zoom Tool (Shortcut keyboard : Z) Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan image.
F.5. Background and foreground color Supaya default tekan tombol D maka warna foreground dan background menjadi putih dan hitam. Untuk menukar warna background dan foreground tekan tombol X.



9.      Normal and Quickmask Mode
Normal Mode : Semua fungsi seperti brush akan berjalan seperti biasanya. Quickmask Mode : fungsi brush bisa dipakai untuk seleksi cuman jika setelah proses quickmask maka yang diseleksi malah dibagian luar nya.




10.  Screen Mode
Untuk melihat tampilan area kerja windows.


Bimbingan Bapak Wahyudi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar